All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Thursday, June 30, 2011

Kasus Web/blog diBanned, penalty oleh Google dan cara mengatasinya

Web/blog di banned, penalty oleh google? Yah inilah kisah tragis yang paling ditakuti oleh blogger dan pemilik website. Bayangkan saja jika web atau blog anda menduduki page rank 5 di google, tiba-tiba dibanned oleh mbah google?! Hancur sudah perasaan dan hati, itulah yang saya alami. Ini kedua kalinya
saya mendapat penalty google.

Alkisah pertama kali dibanned, saya akui, mencurangi dengan memasang script memperbanyak back link untuk kejar tayang di rangking Google, maksud saya berbuat curang agar dapat tempat duduk tertinggi di search engine mbah Google. Kecewa dan Sesal pun datang. Domain saya yang dulu di www.anakpulau.co.cc dapat dibilang mantap untuk sekelas blogger pemula, tidak hanya itu, dengan domain itu, pun saya mendapat kerjasama periklanan dari Google. Namun sayang seumpama orang menanam padi, padi mati sebelum panen begitulah kisahnya. Sungguh tragis.

Setelah dibanned saya coba mencari tahu, berbagai informasi saya coba cari lewat paman google, hingga domain pun saya ganti menjadi www.madhodachi.co.cc akhirnya kembali terupdate di google, cukup lega walaupun saya harus mulai dari nol lagi. Tapi tetap semangat. Eh, baru beberapa bulan ngupdate kisah lama terulang kembali. Putus sudah harapan. Nah, pada postingan kali ini saya mau berbagi pengalaman buat teman-teman blogger supaya jangan terjadi kisah saya kepada anda. Sangat menyedihkan.!

Pengertian dari Penalty dan banned Google
Penalty dan banned google adalah sebuah tindakan google terhadap blog atau website apapun yang dianggap telah melakukan spam atau teknik black hat SEO. Nah, Status untuk penalty dan banned pun juga berbeda :

Penalty google merupakan sebuah peringatan menuju banned google. Artinya website tersebut tidak 100% spam, hanya direktori yang dianggap spam saja yang dikeluarkan indexnya dari google. misalkan halaman posting anda 100% copy-paste dan melakukan tindakan spam lainnya maka sedikit demi sedikit index single posting anda akan hilang dari index google dan kemungkinan akan dibanned dalam jangka waktu pendek. Terkadang juga dalam satu direktori langsung hilang dalam sekejam misalkan domain.com/search/ tiba-tiba tidak ada di google sedangkan halaman yang lain aman-aman saja. Kasus ini juga termasuk penalty google.
Sedangkan Banned google, berarti website atau blog anda dianggap google 100% telah melakukan spam dan isi website anda tidak sesuai dengan apa yang diindex google. sebagai akibatnya website anda 100% tidak diindex google. Cara ngetesnya gampang, cukup pakai kode site:domainanda.com atau namadomain.blogspot.com. Bila tidak ada hasil pencarian URL linknya sama sekali berarti website atau blog tersebut telah sah di banned oleh google. Ada juga cara yang lebih meyakinkan yaitu dengan mengecek domain anda ke tool gratis check penalty google atau anda dapat langsung mengeceknya lewat toolnya di bawah ini ;


Google Penalty Checker




Nah, pada hasil tool tersebut ada 3 hasil penilaian yaitu :
  1. This domain has no penalty.
    Artinya domain yang anda masukan bebas dari penalty google. Atau malah keluar nilai �This domain has no domain level penalty�, yang berarti walaupun saat ini bebas penalty google tapi masih perlu investigasi lebih lanjut karena beberapa aspek yang masih belum diketahui oleh tool tersebut.
  2. This domain has a severe penalty.
    Artinya domain yang anda cobakan masih ada kemungkinan terkena penalty. Biasanya bila blog tersebut anda gunakan untuk bermain autoblogging maka bila telah mencapai traffik tinggi akan terkena banned atau penalty.
  3. This domain is either banned or has never been indexed by Google.
    Artinya domain yang diujikan telah kena banned atau memang belum terindex oleh google.

Cara mencegah Banned penalty dari Google
1.  Menulis artikel 100% copy-paste, sehingga bila anda membuat autoblog usahakan agar tidak 100% mencomot feed blog asli. atau kombinasikan dengan plugin rewrite atau modul translator sehingga menjadi sedikit unik.

2. Menyebarkan backlink secara berlebihan. Walaupun anda mempunyai tool backlink otomatis sehingga bisa membuat backlink sebanyak-banyaknya bukan berarti anda bisa pasang backlink sesuka hati. Pasanglah backlink maksimal 300-400 backlink dalam sehari.

3. Membuat backlink dengan satu keyword anchor. Mungkin maksud anda ingin menjadi nomor satu di google dari keyword tertentu sehingga memasang backlink dengan anchor keyword tersebut saja. tapi bila anda berlebihan tindakan anda bisa dikategorikan sebagai spam backlink. Bila anda memasang backlink misalkan komentar di blog atau link profile di forum jangan hanya menggunakan satu keyword aja.

4. Memasang link ke website spam. Bila anda tahu bahwa website tersebut spam jangan membuat backlink ke website tersebut atau anda juga akan dikategorikan sebagai spam pula.

5. Membuat hidden keyword. artinya text yang tertulis tidak bisa terlihat oleh pengunjung tapi bisa terindex oleh robot google caranya dengan menyamakan antara warna text dengan warna background text.

6. Membuat tiny text. Fungsinya sama dengan nomor lima cuma caranya text yang ditulis dibuat sangat kecil.

Ada beberapa cara mengatasi penalty google tergantung kasusnya :
  • Kasus Pertama, Bila index blog anda sedikit demi sedikit hilang  ini berarti blog anda melanggar guideline google webmaster. biasanya masalah duplicate title, duplicate meta description, meta description yang terlalu pendek, atau meta descriptio kosong.  Untuk mengecek kasus ini silahkan anda login  ke  google webmaster ( Ingat blog anda harus sudah terdaftar di google webmaster dan terverifikasi) , kemudian anda buka  Menu Diagnostics, lalu pilih HTML Suggestions. Anda cek apakah di halaman HTML Suggestions terdapat halaman blog anda yang melanggar. Kalau anda maslah segera perbaiki karena bila tidak segera diperbaiki bisa hilang dari index google. Cara memperbaiki bisa dengan memperbaiki setting plugin All in One SEO Pack.
     
  • Kasus penalty google kedua, kasusnya sama dengan yang pertama atau kadang salah satu direktori hilang dari index google secara mendadak tapi bila anda cek di google webmaster tidak ada masalah HTML Suggestions. Kausu ini menandakan kategori spam. Untuk mengatasinya segera perbaiki blog anda dari tindakan spam lalu kemudian ubah permalink direktori yang deindex tadi. Jangan lupa tetap update blog anda. Dengan berjalannya waktu dan update anda , direktori yang tadi hilang akan terindex kembali.
  • Kasus Banned, kasus banned berarti blog anda sudah tidak diindex google sama sekali, site:domain.com tidak ada . Solusi pertama, memperbaiki blog anda dari tindakan spam mulai sari struktur blog sampai backlink yang termasuk kategori spam yang telah anda sebar. lalu lapor via email ke guideline center google bahwa blog anda sudah tidak spam lagi. Mereka akan mengecek , bila lolos blog anda bisa terindex google lagi.

Nah, cukup sekian artikel saya kali ini, maklum hati ane lagi kacau gan, klo agan-agan semua sudi menghibur silahkan berkomentar dibawah. Sampai ketemu di artikel selanjutnya...

writted. W.Dachi

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !