All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Wednesday, November 20, 2013

Perangkat Jaringan KOMPUTER

Masterz Seo - Menurut pengertian atau definisi Perangkat Jaringan Komputer adalah komputer beserta perangkat-perangkat yang lain yang saling berhubungan atau terkait satu sama lain dalam satu kesatuan. Media jaringan komputer ini bisa menggunakan kabel dan juga bisa tanpa memakai kabel dan hal tersebut memungkinkan para pengguna jaringan komputer saling dapat bertukar informasi antara pengguna satu dengan pengguna yang lain melalui email atau chatting.
Setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan atau service. Pihak yang meminta atau menerima layanan disebut klien dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut peladen atau server. Desain ini disebut dengan sistem client-server yang di gunakan pada hampir semua aplikasi jaringan komputer.
Menurut fungsinya Perangkat jaringan komputer dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

Perangkat Lunak Komputer (software)
Perangkat Jaringan Komputer   Pengertian Software adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak bisa juga di artikan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan oleh pengguna komputer untuk di teruskan dan diproses oleh perangkat keras.
contoh-contoh software meliputi Microsoft Word, Wordstar, WordPerfect, OpenOffice Writer dan masih banyak lagi yang lainya.

Perangkat Keras Jaringan Komputer (hardware)
   Pengertian Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifatnya dapat dilihat dan disentuh secara langsung yang merupakan kebalikan dari software. Fungsi Hardware adalah alat yang mendukung proses komputerisasi dan bekerja berdasarkan perintah yang telah di perintahkan kepadanya atau bisa juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka alat ini dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Contoh-contoh hardware meliputi : Printer, Modem, Scanner, Monitor dan masih banyak lagi.

Macam-macam perangkat jaringan komputer.

  • Ethernet Card
Ethernet card atau bisa juga disebut sebagai kartu jaringan, network adapter, LAN adapter, atau NIC (Network Interface Card) merupakan sebuah hardware komputer yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer. Ethernet card memberikan akses fisik ke media komunikasi jaringan komputer. Pada Ethernet card terdapat macam-macam jenis port, diantaranya port BNC ( Barrel Nut Connector atau Bayonet Net Connector ) dan RJ-45, namun untuk sekarang ini yang sering di gunakan adalah port RJ-45.
  • Hub dan Switch
Hub dan Switch merupakan alat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel dari workstation, server, atau perangkat host lainnya.
Switch dan Hub sebenarnya memiliki fungsi yang sama, karena dengan menggunakan salah satu diantaranya kita tetap bisa membuat Jaringan Komputer, tapi penggunaan Switch akan lebih cepat daripada Hub apalagi bila jaringan yang kita punya sangat besar.
  • Repeater
Repeater adalah suatu alat yang berfungsi sebagai penguat sinyal dengan cara menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN (Local Area Network) kemudian akan dipancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli ke segmen kabel LAN yang lain. Apabila repeater digunakan dalam 2 segmen kabel LAN atau lebih, maka diharuskan menggunakan Protocol Phisycal Layer yang sama antara segmen-segmen kabel berikutnya.
Fungsi Repeater adalah :
1. Meneruskan dan memperkuat sinyal.
2. Mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari server atau Pemancar.
3. Mempermudah dan mempercepat akses sinyal WIFI dari server.
4. Memperluas sinyal dari serve.
  • Bridge
Bridge merupakan sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang tidak sama, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. Jadi fungsi bridge sebenarnya hampir sama dengan repeater dan yang membedakan adalah bridge mampu menghubungkan antar jaringan yang menggunakan transmisi yang berbeda.
  • Router
Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di sharing kepada perangkat jaringan lain. Cara kerja router adalah dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya kemudian router memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan. Router mengetahui alamat masing-masing komputer ( IP ) dilingkungan jaringan lokalnya, mengetahui alamat bridge, dan router lainnya.
  • Modem
MODEM atau bisa juga disebut modulator-demodulator merupakan perangkat yang berfungsi merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. pada umumnya digunakan untuk memperoleh koneksi internet baik menggunakan kabel telepon maupun sinyal mobile. Modulator mempunyai fungsi melakukan proses menghantarkan data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa (carrier) agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu dan proses ini disebut dengan proses modulasi.
Sedangkan Demodulator mempunyai fungsi sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer.

Itu tadi sedikit ulasan dari saya tenteng Perangkat Jaringan Komputer, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !