All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Wednesday, March 11, 2015

Cara Menanam Buah Naga

Masterz Seo - Cara menanam atau budidaya buah Naga | Tanaman Buah naga merupakan tanaman tropis yang tergolong dalam keluarga kaktus. Buah naga dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti di indonesia. Kini telah banyak para petani yang mencoba keberuntungan menanam buah naga. Selain budidayanya yang cukup mudah dan tak sesulit budidaya jamur tiram serta permintaan pasarpun sangat melimpah dan  harga jualnya pun relatif tinggi. Manfaat buah naga ternyata juga sangat banyak sehingga membuat konsumen rela mengeluarkan kocek untuk membeli walaupun harganya agak mahal. Hal itu juga yang menyebabkan permintaan pasar kian meningkat. Buah naga atau sering disebut juga buah merah menjadi buah yang wajib ada pada perayaan china sehingga disaat imlek tiba petani kita sampai kewalahan menyediakan buah merah. Indonesia belum mampu memenuhi permintaan buah naga dan masih harus mengimpornya dari berbagai negara.


Cara menanam buah naga


   Sebenarnya menanam buah naga sangat mudah dan murah tidak banyak memerlukan biaya untuk modal maupun perawatannya.  Buah naga dapat tumbuh dimana saja asalkan tidak dirawa rawa. Tanaman buah naga juga tahan disegala cuaca baik kemarau maupun musim penghujan dengan syarat tidak tergenang air dan mendapatkan sinar matahari yang cukup..

    Pembibitan buah naga dapat dilakukan dengan cara stek ataupun pembibitan melalui biji. Dengan pembibitan stek caranya potong batang sepanjang 30 cm diamkan beberapa hari sampai getahnya hilang. setelah getahnya hilang barulah dipindahkan pada media tanam. sebelum ditanam sebaiknya celupkan batang pada larutan perangsang akar agar cepat tumbuh akar-akarnya. sedangkan pembibitan melalui biji caranya ambil biji buah lalu keringkan setelah benar benar kering kemudian taruh pada media pembibitan. medianya bisa mengunakan campuran tanah dan pupuk kandang yang halus. pembibitan dengan biji memerlukan waktu yang relatif lama sekitar satu tahun baru bibit bisa dipindahkan kemedia tanam pembesaran.   Karena pembibitan melalui biji memakan waktu yang lama cara ini jarang sekali digunakan.

    Berikut ini yang harus anda perhatikan dalam budidaya atau menanam buah naga agar mendapatkan hasil yang maksimal :

1. Menyiapkan media tanam.
Media yang digunakan adalah campuran antara pasir halus atau tanah halus dengan kompos.sebelum dilakukan pembibitan tancapkan tiang penyangga. Bisa dari pagar beton atau juga dari kayu. Tiang penyangga haruslah benar benar kuat karena semakin hari tanaman akan semakin lebat pula. akan tetapi lebih baik mengunakan kayu karena tidak akan mempengarui kualitas tanah.  Beri parit parit disebelahnya agar air tidak mengenang.

2. Memindahkan bibit ke media tanam pembesaran.
Setelah dirasa siap dilakukan penanaman lanjutan pindahkan ke media tanam pembesaran.

3. Perawatan.
Untuk perawatan cukup mudah. Sebulan sekali berilah pupuk kandang. setiap satu batang beri satu karung pupuk kompos. hal ini bertujuan agar batang buah mendapatkan nutrisi yang cukup. untuk penyiraman lakukan seminggu sekali secukupnya jangan sampai ada air mengenangi batang supaya tidak terjadi pembusukan. Bila musim penghujan tidak perlu disirami.
Potong bila ada batang yang menjalar kemana mana. hal ini bertujuan agar kualitas buah yang dihasilkan maksimal.  setiap sebulan sekali juga beri pupuk Npk. beri juga pupuk cair  metalik setiap 6 bulan dengan kontrasi 3cc /liter air. agar lebih baik kualitas buahnya berikan pula pupuk hartigo kuning dan hartigo power setiap seminggu skali dengan konsentrasi o.5 cc tiap satu batang.

4.  Musim panen
Masa panen buah naga memang dibilang cukup lama yakni sekitar 1 tahun lamanya, jika dirasa buah naga sudah matang barulah siap untuk di petik.

Artikel terkait : Cara Menanam Jahe Merah Dalam Karung

Demikian sedikit informasi mengenai cara menanam buah naga, semoga ulasan ini dapat bermanfaat buat anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !