All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Tuesday, August 25, 2015

Penyebab Bayi Sering Muntah Dan Cara Mengatasinya

Masterz Seo - Sering gumoh atau bahkan sampai muntah di usia sikecil masih dibawah 5 bulan adalah suatu hal yang wajar terjadi. Mungkin bunda begitu panik ketika sang buah hati muntah setelah diberi asi kepanikan yang serupa juga pernah terjadi pada saya sendiri. Ketika anak saya baru berumur 5 hari tiba tiba muntah setelah saya beri asi. Saya sangat panik waktu itu karena ini baru pertama kalinya dan itupun terjadi setiap hari bahkan lebih dari satu kali sehari kadang sampai 3 kali muntah dalam sehari. Hingga bulan bulan berikutnya masih sering muntah namun sudah tidak se ekstrim yang sudah sudah. Walaupun sering muntah tapi anak saya masih sangat lincah dan menunjukkan perkembangan yang baik dari hari kehari, Bahkan perkembangan anak saya lebih cepat dari teman teman seusianya yang ada disekitar rumah saya. Hingga suatu hari saya berkonsultasi pada bidan setempat atas apa yang terjadi sama anak saya. Dan bidan memberikan jawaban yang sangat melegakan hati saya, ternyata dengan tanda tanda yang seperti  anak saya alami adalah muntah yang normal terjadi pada bayi.

penyebab bayi muntah


Apa yang menjadi penyebab bayi usia dibawah 5 bulan sering mengalami muntah

* Ukuran lambung bayi masih kecil sehingga apabila asi yang masuk terlalu banyak lambung tid mampu menampung dan akhirnya dikeluarkan lewat jalan muntah.

* Otot cincin yang terletak antara kerongkongan dan lambung belun mampu menutup dengan sempurna sehingga susu yang masuk tidak dapat sepenuhnya masuk pada lambung hingga akhirnya susu kembali lagi kekerongkongan dan terjadilah gumoh atau muntah.

* Bayi menangis atau batuk yang berlebihan  dan ini sering terjadi pada pada bayi di usia pertamanya.

Muntah atau gumoh dengan tanda tanda normal akan berhenti dengan sendirinya setelah usia bayi di atas 5 bulan. Namun apabila bayi anda masih muntah dengan tanda tanda yang tidak normal seperti dibawah ini segeralah hubungi bidan terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

1. Terlihat kesakitan saat muntah

2. Muntah yang dibarengi perut kembung

3. Muntah yang diiringi menguningnya kulit dan mata ini artinya bayi anda sedang menderita sakit kuning.

4. Muntah terus menerus yang disertai BAB bisa jadi bayi anda terkena muntaber.

5. Muntahan sikecil berwarna hijau.

6. Bayi muntah hebat setelah makan sesuatu ini berarti bayi keracunan makanan.


Artikel terkait :
Jadi intinya penyebab bayi sering muntah itu adalah hal yang sangat wajar, asalkan muntah atau gumoh pada bayi tidak termasuk pada 6 kategori diatas. Jika bayi anda mengalami muntah yang tidak wajar atau seperti dalam 6 kategori diatas cara mengatasinya adalah segera bawa kebidan atau dokter terdekat anda, Sekian informasi dari saya semoga dapat membantu anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !