All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Wednesday, August 19, 2015

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Masterz Seo - Perangkat Keras Jaringan Komputer (hardware) adalah alat-alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam jaringan untuk tujuan berbagi data, berbagi informasi dan juga berbagi peripheral dalam sebuh jaringan. Jadi hardware atau perangkat keras adalah kebalikan dari software atau perangkat lunak komputer. Adapun contoh atau macam-macamnya hardware adalah sebagi berikut :

perangkat keras jaringan komputer

1.) NIC (Network Interface Card).
NIC (Network Interface Card) atau Kartu Jaringan adalah salah satu perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan Kartu Jaringan berjenis kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Fungsi NIC adalah Peranti yang menyambungkan kabel jaringan dengan komputer dan juga Peranti yang menyediakan pengalamatan secara fisik. Artinya kartu jaringan memiliki kode tertentu yang unik.

2.) Kabel Jaringan (UTP).
Pengertian Kabel jaringan (UTP) adalah kabel yang menghubungkan antara komputer dengan komputer, dari server ke switch/hub dan lain lain. kabel jaringan juga sebagai perantara antara user dengan user yang lain dalam satu wilayah lokal (di kantor,diwarnet dan lain lain)Kegunaan kabel UTP adalah kabel yang dirancang khusus untuk menghantarkan transmisi data dalam suatu jaringan komputer. UTP merupakan kepanjangan dari Unshielded Twisted Pair yang berarti Unshielded = tidak tahan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik, dan Twisted Pair = artinya terdiri dari pasangan-pasangan kabel yang disusun secara berlilitan atau membentuk spiral.

3.) Konektor.
Pengertian konektor adalah pengubung antara kabel yang digunakan sebagai media transmisi dengan komponen dimana kabel tersebut akan dihubungkan, misalnya ke komputer atau peralatan jaringan lainnya. Tiap jenis kabel memiliki konektor yang berbeda-beda.

4.) Hub.
Hub adalah salah satu perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses mempercepat koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan juga terganggu. fungsi Hub adalah penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan keseluruh komputer dalam jaringan tersebut.

5.) Switch.
Pengertian Switch adalah sebuah perangkat keras komputer yang menghubungkan komputer hingga membentuk segmen jaringan. Switch bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki jumlah port yang banyak sehingga switch sering dinamakan multi-port bridge.

6.) Repeater.Pengertian Repearter adalah Alat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal di dalam jaringan komputer.
Fungsi repeater pada umumnya adalah Mengulangi kembali pancaran, dengan maksud memperkuat kembali pancaran yang diterima sehingga lebih kuat dan dapat mencapai jarak yang lebih jauh atau memperluas jangkauan.

7.) Router
Pengertian Router adalah alat yang digunakan untuk membagi Protocol kepada jaringan-jaringan lainnya, maka dengan router sebuah protocol bisa kita sharing ke perangkat jaringan lainnya.
Fungsi Router adalah sebagai penghubung antara beberapa jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

8.) Modem.
Modem adalah kepanjangan dari Modulator Demodulator. Modulator alat yang fungsinya mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan alat yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan bagus. Jadi pengertian modem pada umumnya adalah alat komunikasi dua arah. Modem menerima rangkaian pulsa biner dari periferal komputer, kemudian memodulasi karakteristik sinyal analog agar dapat disalurkan melalui saluran telepon atau cablelines. Sedangkan pada si penerima, sinyal yang ditumpangi ini oleh rangkaian demodulator dipisahkan kembali dari sinyal yang menumpanginya sehingga dapat dibaca oleh komputer dan proses ini di sebut proses demodulasi.
    Sebenarnya saya tidak terlalu paham dengan komputer namun dari beberapa teman saya ada yang meminta menuliskan topik ini, jadi ya saya tulis sebisanya dan akhirnya jadi deh postingan ini, meskipun ulasanya ambrul adul yang penting saya sudah berusaha memenuhi permintaan mereka dan artikel terdahulu saya adalah Perangkat Jaringan Komputer. Terimakasih telah berkunjung semoga tulisan ini bermanfaat buat anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !