All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Thursday, October 1, 2015

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Bogor

Masterz Seo - Pesona wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang indah| Berwisata memang dipercaya mampu menyegarkan kembali fikiran oleh beban pekerjaan maupun beban hidup yang membelit. Tak heran jika sebagian besar manusia dimuka bumi ini menghabiskan liburan mereka untuk berwisata. menentukan tujuan wisata merupakan hal terpenting ketika kita akan menghabiskan liburan untuk berwisata. Bagi para pecinta alam khususnya yang gemar melakukan pendakian taman nasional gunung Gede Pangrango adalah salah satu destinasi wisata yang patut anda kunjungi sekaligus dapat menyalurkan hobi  mendaki. Taman Nasional gunung Gede Pangrango (TNGGP)  merupakan taman nasional tertua yang mempunyai peranan penting dalam konservasi alam Indonesia. Selain sebagai tempat favorit para pendaki kawasan  ini memiliki objek wisata yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sini antara lain ialah:

 * Telaga Biru ialah sebuah telaga kecil yang terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Air didanau ini terlihat biru jika diterkena sinar matahari karena ditutupi oleh gangang biru.
Inilah yang membuat telaga tersebut diberi nama telaga biru.

telaga warna

* Pemandian air panas yang terletak 5,3 km dari Cibodas. Air panas disini air panas asli cocok sekali untuk menghangatkan tubuh.

pemandian air panas

* Air terjun Cibeurem memiliki ketinggian 50 meter terletak 2,8 dari Cibodas. Disini anda dapat menikmati mandi dibawah guyuran air terjun yang masih alami. Selain itu anda juga dapat melihat secara langsung dari dekat lumut merah yang menjadi tumbuhan endemik Jawa Barat.

air terjun Cibeurem

* Alun alun Surya Kencana ialah dataran seluas 50 hektar yang ditumbuhi tanaman bunga Edelweis.


Hamparan tanaman edelweis


Kegiatan pendakian di TNGGP ditutup selama bulan desember hingga maret dan bulan agustus, hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian ekosistem yang ada di TNGGP.Namun untuk kegiatan rekreasi lainnya tetap dibuka sepanjang tahun. 

Pendaftaran dapat anda lakukan secara langsung di Balai besar TNGGP maupun secara online.
Pendaftaran dibuka setiap hari mkulai 09.00 s/d 15.30. Sedangkan secara online anda dapat login di alamat berikut ini http//www.bookinggedepangrango.org/booking.php. 

Adapun syarat syarat yang harus anda penuhi ialah sebagai berikut:

1. Minimal pendakian oleh 3 orang dan maximal 10 orang untuk tiap tiap kelompok.

2. Pendftaran dilakukan minimal 3 hari sampai 1 bulan sebelum hari H pendakian.

3. Fotocopy KTP ataau identitas diri lainnya yang maasih berlaku.

4. Biaya masuk 4000/orang plus asuransi.

5. Pendaki dibawah umur 17 tahun harus membawa surat izin tertulis dari orang tua.

Didalam pendakian ada tata tertib yang harus anda patuhi sebagai berikut:

1. Dilarang membawa pasta gigi, shampoo, sabun serta bahan bahan yang dapat menimbulkan pencemaran.

2. Dilarang membawa senjata tajam seperti pisau, gergaji dll.

3. Dilarang membawa spidol, pilox dan sejenisnya.

4. Dilarang mengambil, memetik maupun memindahkan sesuatu yang ada dalam kawasan TNGGP.

5. Dilarang membuat api unggun karena di khawatirkan dapat memicu kebakaran hutan.

6. Dilarang membunuh hewan maupun tumbuhan yang ada di TNGGP

Untuk dapat mendaki gunung gede pangrango anda harus mengantongi surat izin mendaki kawasan konservasi atau Simaksi. Simaksi bisa anda dapatkan di Balai besar TNGGP setelah data anda divalidasi. Simaksi biasanya selesai dicetak pada h-7 sebelum pendakian dilakukan. Jika pendakian anda lewat pintu masuk cibodas Simaksi dapat anda ambil pada hari H pendakian, namun jika pendakian lewat pintu masuk gunung putri dan selabintana sebaiknya simaksi diambil sebelum hari H pendakian karena mengingat jaraknya yang lumayan jauh.Untuk anda yang baru pertama kali mendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sebaiknya gunakan jasa porter ataupun guide agar pendakian anda berjalan dengan lancar. Simaksi akan diminta petugas pintu masuk sebagai persyaratan yang mutlak harus ada sebagai seorang calon pendaki.

Selain Gunung Gede Pangrango masih terdapat banyak sekali tempat wisata di Bogor yang bisa anda kunjungi misalnya Kebun Raya Bogor atau pun Taman Safari Cisarua, jadi jangan sia siakan kesempatan anda ketika anda sedang berliburan di kota ini.

Berwisata memang mengasikkkan namun anda juga harus mempertimbangkan dampak yang ditimbulkan maka sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya anda ikut menjaga kelestarian sumber daya alam yang ada dengan mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan.

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !