All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Wednesday, January 6, 2016

PENGERTIAN HARDWARE, SOFTWAREA, DAN BRAINWARE

Di jaman yang serba modern ini kita tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "KOMPUTER", maka dari itu saya akan menjelaskan 3 hal yang bersangkutan dengan komputer, yaitu HARDWARE,SOFTWARE, dan BRAINWARE. Berikut ulasannya :

A. HARDWARE
Pengertian Hardware
   Hardware atau perangkat keras adalah komponen pada komputer yang dapat kita sentuh. Jadi, setiap perangkat atau komponen yang bersangkutan dengan komputer dan bisa kita sentuh dapat dikatakan sebagai "Hardware". Hardware sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya  sebagai berikut :

  • Input Device
  • Process Device
  • Output Device
  • Storage Device
  • Perpheral
~ Input Device
   Input device adalah hardware yang berfungsi untuk menginput atau memasuka data baik beruka gambar, suara, atau video.

Contoh Input Device :
1. Keyboard 
    Keyboard adalah alat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki macam-macam tombol yang memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita. Keyboard memegang peranan penting juga terhadap kinerja sebuah komputer atau laptop. Apabila sebuah komputer tidak memiliki keyboard, maka perintah pemasukkan datapun tidak dapat dilakukan. Sebenarnya bisa dengan bantuan mouse, tetapi tidak semua perintah masukkan bisa dengan bantuan mouse.

    Dari fungsi di atas dapat diketahui juga bahwa fungsi dari sebuah keyboard adalah untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melaksanakan pengolahan data menggunakan perangkat lunak.
Fungsi Keyboard
Kali ini kita akan membahas fungsi dari keyboard berdasarkan tombol-tombolnya. Berikut penjelasan singkatnya :
  • Keyboard berdasarkan tombol ketiknya dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di Monitor Komputer kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf yang ada di dalam komputer.
  • Keyboard berdasarkan tombol kontrolnya dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol WINDOWS+E maka dapat membuka jendela explorer.
  • Keyboard berdasarkan tombol fungsinya pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan F2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari F1-F12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
  • Keyboard berdasarkan tombol alternatenya memiliki tombol seperti ENTER, ESC, TAB dan ALT fungsi dari tombol-tombol itu sangat berguna pada dokumen dan pengoperasian komputer.
  • Keyboard berdasarkan tombol navigasinya terdapat tombol PAGE UP dan PAGE DOWN yang fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan layar ke bawah dan tombol. Ada juga tombol HOME dan END yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke awal atau akhir kalimat.
  • Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi Keyboard yang perlu kita ketahui, namun Saya hanya mendefinisikan Keyboard ini sebagian. Untuk tombol yang lain Anda bisa mencobanya dengan cara trial, nanti juga Anda bisa mengetahui fungsi tombol keyboard tersebut.

~ Process Device
   Proses Device adalah perangkat yang berfungsi mengolah data mulai dari membaca dari peralatan input,mengolah atau memproses dan mengeluarkan informasi ke output device.
Fungsi Process Device
    Berdasarkan pengertian di atas sudah jelas bahwa process device berfungsi untuk memproses atau mengolah data yang masuk dan hasil pengolahan nya di salurkan ke perangkat output device.
Contoh Process Device :  
1. CPU 
Add caption
    
    CPU atau Central Processing Unit merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi. Fungsi utama dari CPU adalah menjalankan proggram-program yang disimpan di memory utama.CPU betugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi operasinya.






~ Output Device 
   Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan atau menampilkan hasil dari pemerosesan yang di hasilkan Process Device.
Contoh Output Device :
1. Monitor
Add caption
   Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor. Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit).
    Monitor berfungsi sebagai Output dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Ini harus diubah menjadi bahasa manusia dan ditampilkan kemonitor sehingga bisa dibaca oleh pengguna.

    Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Ukuran inci LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia. Sebuah layar monitor 17-inci dapat memiliki resolusi 1024�768, sedangkan layar 20-inci akan memiliki 1600�1200. Jumlah dalam inci adalah ukuran layar monitor diagonal, sementara resolusi adalah lebar pixel dengan tinggi pixel. Meskipun laptop memiliki built-in monitor, beberapa laptop tersedia dengan port S-Video, yang memungkinkan kabel S-Video untuk plug ke televisi tertentu. Ketika televisi berubah ke input yang tepat, akan bertindak sebagai cloning.
2. Speaker
Add caption
   Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.

FUNGSI SPEAKER
    Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.

Dalam kumparan tadi terjadilah pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik yang diperoleh maka getaran yang dihasilkan yaitu pada membran akan mengikuti. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.

~ Storage Device
   Storage Device adalah suatu media penyimpanan pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan hasil dari pemprosesan data. 
Storage Device dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
- Internal Storage Decive adalah media penyimpanan yang ada pada dalam komputer sesuai dengan namanya Internal Storage Device. 
Contoh Internal Storage Device :
1. Hard Disc
Add caption
 
















- External Storage Device berarti kebalikan daripada Internal Storage Device, yaitu media penyimpanan di luar komputer.
Contoh External Storage Device :  
1. Hard Disc External
Add caption














2. Flash Disc
Add caption
















3. Floppy Disc/Disket 
Add caption














~ Peripheral
    Peripheral komputer adalah komponen tambahan yang berfungsi untuk mendukung kerja komputer sehingga fungsi kerja komputer menjadi maksimal. Peripheral terbagi menjadi 2 macam berdasarkan fungsi peripheral komputer tersebut, yaitu:

  • Peripheral utama, yaitu perangkat keras atau hardware yang harus ada jika kita megoperasikan komputer sehingga peripheral ini tidak dapat dipisahkan dengan komputer utama, contohnya: mouse, keyboard dan monitor.
  • Peripheral Pendukung, yaitu perangkat keras atau hardware yang tidak harus ada pada saat pengoperasian komputer, sehingga peripheral ini merupakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan kerja komputer, contohnya: printer, scaner, modem, dan lain-lain.
   Setiap perpheral mempunyai perasn dan fungsi masing-masing sehingga saling membantu sama lain. Dari macam peripheral diatas dapat digaris bawahi bahwa setiap peripheral saling mendukung kerja satu sama lain antara komponen peripheral utama maupun komponen peripheral pendukung. sebagai contoh untuk melakukan perintah print pada printer maka diperlukan keyboard atau mouse untuk memasukan intruksi agar komputer dapat melakukan perintah print.


B. SOFTWARE
    Software adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:

  • Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
  • Sistem operasi (operating system) misalnya Linux.
  • Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  • Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  • Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.
  • Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
  • Perangkat lunak gratis (freeware)
  • Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)
  • Perangkat lunak perusak (malware)
 C. BRAINWARE
 
   Brainware adalah seseorang atau yang mengoperasikan komputer itu sendiri, tanpa adanya Brainware mustahil komputer dapat beroperasi!

Di ambil dari beberapa sumber, salah satunya adalah : https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama
"Mungkin untuk sementara hanya itu yang bisa saya tulis di blog saya, kalau ada ilmu lagi yang saya dapat, Insya Allah akan saya lenkapi lagi, semoga blog saya bermanfaat, kasih G+1 yah :)"

English Version : 

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !