All Arsip Urgent To Im in Seo and other

Thursday, October 20, 2016

Sejarah Singkat Perkembangan Internet dan Intranet di Dunia

Dibalik kecanggihan teknologi seperti saat ini siapa yang sangka sejarah perkembangan internet dan intranet begitu panjang prosesnya. dua unsur ini memang telah menjadi bagian terpenting dalam perkembangan teknologi di dunia. Tanpa adanya dua hal tersebut tentunya teknologi tak akan mungkin berkembang seperti sekarang ini. Banyak kemudahan-kemudahan yang bisa kita dapatkan berkat adanya jaringan internet dan mungkin tanpa adanya internet kita tak akan bisa maju seperti sekarang.
Melalui koneksi internet kita dapat mengakses semua informasi yang kita butuhkan, seperti Facebook, chatting, menonton video Youtube, ataupun berbelanja online bahkan internet bisa kita jadikan sebagai lahan untuk mendapatkan penghasilan yang nyata tanpa harus bekerja keras seperti yang telah saya tuliskan pada artikel ini Cara mendapatkan uang dari internet.
Namun di balik semua kemudahan yang kita dapatkan selama ini dari jaringan internet apakah anda tahu sejarah perkembangan internet dan intranet itu seperti apa ??


Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah perkembangan internet
Menurut situs id.wikipedia.org , pada awalnya Internet adalah sebuah jaringan komputer yang diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, kemudian dari proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang disebut sebagai ARPANET  Advanced Research Project Agency Network ), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan perangkat lunak  dan perangkat keras komputer dengan basis UNIX.
Dari berbagai sumber yang saya dapat sebenarnya tujuan dibentuknya proyek tersebut ditujukan untuk mengembangkan teknologi militer diNegara mereka. Pertama kali jaringan ARPANET cuma menyambungkan empat situs yakni diantaranya adalah University of Utah, Stanford Research InstituteSanta Barbara dan University of California yang membentuk suatu jaringan terpadu di tahun 1969 kemudian APRANET diperkenalkan secara umum di tahun 1972 dan tidak lama kemudian proyek APRANET ini berkembang pesat. Keadaan ini terus berlangsung dan banyak Univesitas-universitas dari negara tersebut ingin bergabung dan akhirnya mereka pun kesulitan untuk mengaturnya. Kemudian APRANET  dipecah menjadi dua, yakni MILNET dan ARPANET dimana MILNET dikhususkan untuk kebutuhan militer dan APRANET baru dan lebih kecil untuk kebutuhan bukan militer yakni untuk Universitas dan penggabungan jaringan ini kemudian dikenal dengan sebutan DARPA INTERNET yang disederhanakan lagi dengan sebutan INTERNET.
Sejarah perkembangan internet terus berlangsung pada saat itu dan pada tahun 1973 proyek APRANET telah berhasil keluar dari Negara Amerika Serikat yang membuat banyak Universitas dari negara lain ikut bergabung dan ditahun 1977 telah tercatat sedikitnya 111 komputer yang telah tersambung dalam APRANET dan semenjak saat itu internet terus berkembang dan menyebar ke banyak negara seperti sekarang ini.

Artikel terkait :

Sejarah Perkembangan Intranet

Sejarah Perkembangan Intranet

Pengertian intranet  (Internal Network) adalah jaringan komputer dalam ruang lingkup terbatas yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam Internet. Jadi intinya, semua fasilitas yang ada di Internet dapat anda gunakan untuk keperluan mengakses informasi dalam suatu organisasi atau perusahaan.
Sejarah Intranet di mulai sekitar tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk Web dalam suatu perusahaan.Intranet bisa disebut juga sebagai LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet. Kompatibilitas Intranet sangat tinggi terhadap sistem lainnya sehingga mudah di terapkan, di pelajari, di kembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan aplikasi, program dan sistem operasi yang luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan LAN.

Hal lain yang membedakan internet dan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.
Penggunaan intranet sebenarnya tergantung dari bentuk organisasi para penggunannya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, sutu instansi perpustakaan atau departemen lainnya.
Dalam suatu institusi perpustakaan intranet banyak dipergunakan sebagai :
  • OPAC (online public catalouge) atau katalog online yang dapat diakses di seluruh raungan perpustakaan yang terhubung dengan jaringan
  • membrikan pelayanan yang maksimal kepada para pengguna, misalnya jurnal kedokteran online medica hanya bisa di akses di perpustakaan kedokteran.
  • informasi sistem service dan lain lain.
  • Sistem sirkulasi online
Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti :
aplikasi browser seperti : internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape
  • perangkat bantu pengembang
  • komputer server
  • protokol TCP/IP
  • bahasa pemrograman (html, php, mysql  dan lain lain )
  • komputer client
  • perangkat jaringan
yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).

Itu tadi penjelasan singkat dari saya mengenai sejarah perkembangan internet dan intranet, jika kiranya artikel ini kurang lengkap mohon di maaf yang sebesar besarnya. Kritik dan saran apa pun akan kami terima dengan senang hati demi kemajuan blog ini. Terimakasih telah berkunjung dan semoga ulasan ini bermanfaat buat anda.

Previous
Next Post »

Post a Comment

Komentar Dimoderator !